The Avengers [review]

Salah satu “The most awaited Movies of 2012” akhirnya rilis juga, The Avengers. Film ini perdana diputar di Indonesia pada hari Jumat, 4 Mei 2012 dan animo masyarakat Indonesia terhadap film ini sangat bagus. Hampir bisa kita lihat bioskop di Indonesia memutar film ini 2 bahkan 3 studio, dan hebatnya lagi sampai saat penulis menulis review ini (sudah 5 hari ketika The Avengers pertama kali diputar) masih banyak rekan-rekan di twitter yang katanya selalu kehabisan tiket untuk menonton The Avengers. Bioskop selalu terlihat penuh dengan pengantri tiket yang akan menyaksikan The Avengers. Keberhasilan The Avengers ini juga bisa dilihat dari keuntungan yang didapat setelah tiga hari pemutarannya di Amerika Serikat dan Kanada, The Avengers mendapatkan keuntungan sekitar US$ 200 juta atau Rp 1,8 Triliun, memecahkan rekor perolehan keuntungan tiga hari pemutaran yang sebelumnya dipegang oleh Harry Potter: The Deathly Hollows Part2 yang saat itu meraup keuntungan US$ 169 juta.

Film ini sendiri mengisahkan tentang 6 superhero yang tergabung ke dalam sebuah proyek The Avengers, sebuah proyek yang diprakarsai oleh organisasi S.H.I.E.L.D. Proyek ini bertujuan mengumpulkan orang-orang yang memiliki kemampuan super untuk melindungi kedamaian di dunia. S.H.I.E.L.D sendiri muncul pada awalnya di film Iron Man 2 dimana terdapat 3 orang anggota S.H.I.E.L.D yang ikut turut berperan dalam film tersebut. Anggota S.H.I.E.L.D yang muncul pada film Iron Man 2 tersebut adalah Nick Fury (direktur S.H.I.E.L.D), Black Widow dan Agen Phil Coulson. Bahkan di akhir film Iron Man 2, Nick Fury menawarkan Tony Stark untuk bergabung ke dalam proyek The Avengers dengan melakukan serangkaian tes kelaikan untuk Tony Stark. Namun ternyata inti cerita dari film The Avengers ini diangkat atau bisa dikatakan lanjutan dari film Marvel lainnya yaitu Thor.

Dikisahkan di akhir cerita dari film Thor, adik angkat yang juga musuh dari Thor (Chris Hemsworth) yaitu Loki (Tom Hiddleston) ternyata berhasil selamat setelah berduel dengan Thor. Kisah Loki pun berlanjut di film The Avengers ini, Loki berencana membalaskan dendamnya kepada Thor dengan cara menginvasi bumi, karena bumi dinilai memiliki kedekatan khusus dengan Thor, bumi pun ternyata menyimpan Tesseract, sebuah benda yang mempunyai kekuatan dahsyat yang bisa membuka portal dimensi ruang dan waktu sehingga memudahkan Loki dalam membawa pasukannya untuk menginvasi bumi. Pada awal cerita kita akan disuguhkan pemandangan dari markas besar S.H.I.E.L.D dimana di dalamnya para peneliti yang dipimpin oleh Nick Furry (Samuel L. Jackson) sedang melakukan percobaan terhadap Tesseract, namun secara tiba-tiba Tesseract tersebut kemudian aktif dan membuka portal penghubung antara Bumi dengan dunia Asgard. Loki pun tiba-tiba muncul dari portal yang terbuka tersebut. Kedatangan Loki di markas S.H.I.E.L.D tidak bisa diantisipasi para anggota S.H.I.E.L.D, beberapa anggota S.H.I.E.L.D seperti Dr. Erik Selvig (Stellan Skarsgård) dan agen Clint Barton/Hawkeye (Jeremy Renner) disihir agar memihak kepada Loki. Bahkan akibat penyerangan Loki markas S.H.I.E.L.D pun dibuat hancur berkeping-keping, dan Loki berhasil lari dengan membawa Tesseract.

Untuk mendapatkan Tesseract kembali dan melindungi dunia dari ancaman Loki mau tidak mau Nick Fury harus segera menjalankan proyek The Avengers. Nick Fury kemudian mengumpulkan beberapa orang yang mempunyai kemampuan super, orang-orang tersebut adalah Natasha Romanoff/The Black Widow (Scarlett Johansson), Bruce Banner/Hulk (Mark Ruffalo), Steve Rogers/Captain America (Chris Evans) dan Tony Stark/Iron Man (Robert Downey, Jr.). Nick Fury bersama dua agen kepercayaannya, Phil Coulson (Clark Gregg) dan Maria Hill (Cobie Smulder) ternyata mengalami kesulitan dalam menyatukan para superhero tersebut, karena masing-masing superhero memiliki egonya masing-masing, merasa paling benar dan paling kuat. Kedatangan Thor dari Asgard pun awalnya malah memperburuk keadaan meskipun maksud kedatangan Thor juga untuk melumpuhkan Loki. Alhasil Nick Fury dipaksa berpikir keras untuk menyatukan mereka dan harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan Bumi dari ancaman Loki.

Pada film The Avengers ini meskipun banyak karakter yang harus dimunculkan, namun setiap superhero yang tergabung di dalamnya ternyata mendapatkan porsi pencitraan yang berimbang, bahkan bagi saya yang melewatkan film Captain America dibuat mengerti dengan adegan kilasan masa lalu dari si Captain America tersebut. Dialog-dialog para karakter juga cukup merepresentasikan kepribadian masing-masing karakternya. Selain disuguhi dengan aksi-aksi pertarungan yang memukau, kita juga disuguhi dengan humor-humor cerdas baik dalam bentuk dialog maupun dalam bentuk tindakan aksi dari para karakter yang ada.

Kredit khusus memang patut diberikan kepada sang Director Joss Whedon, dengan sentuhannya The Avengers menjelma menjadi film Marvel yang tersukses. Sampai saat ini rating yang tertera pada IMDB untuk The Avengers ini adalah 8.8 rating tertinggi diantara film-film Marvel lainnya. Tidak salah lagi jika The Avengers ini merupakan film yang paling ditunggu pada tahun 2012 ini dan film yang memang wajib untuk ditonton.

Penilaian saya untuk film ini adalah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s