Dark Shadows [review]

Dark Shadow merupakan film ke-8 hasil kolaborasi sang director Tim Burton dengan sang aktor Johnny Depp. Sebelumnya mereka berdua sudah bekerja sama di film Edward Scissorhands, Ed Wood, Sleepy Hollow, Charlie and The Chocolate Factory, Corpse Bride, Sweeney Todd, dan Alice in Wonderland. Untuk sekedar informasi Dark Shadows ini diangkat dari TV serial yang pernah sukses pada tahun 1966.

Film ini menceritakan tentang Joshua dan Naomi Collins beserta putranya Barnabas Collins, yang berlayar dari Liverpool ke Amerika untuk mengembangkan bisnis keluarga. Keluarga Collins kemudian berlabuh di sebuah kota bernama Maine, dan mendirikan pelabuhan perikanan yang diberi nama sesuai dengan nama keluarga mereka yaitu Collinsport. Keluarga Collins lantas menjadi keluarga yang terpandang dan memiliki kekayaan harta yang melimpah di kota tersebut, namun ternyata kekayaan tidak selalu membuat keluarga Collins bahagia, sebuah tragedi mengerikan terjadi pada keluarga Collins.

Tragedi berawal ketika Barnabas Collins (Johnny Depp) beranjak dewasa menjadi seorang yang tampan dan disegani banyak orang namun ternyata Barnabas merupakan seorang playboy yang terkemuka di kota Maine. Di dalam perjalanan cintanya, Barnabas ternyata menghancurkan hati seorang wanita yaitu Angelique Bouchard (Eva Green) yang merupakan seorang pelayan di keluarga Collins. Barnabas merasa sejak hubungannya dengan Angelique berakhir, kesialan selalu menimpa keluarga Collins. Salah satunya adalah dengan kejanggalan dari kematian kedua orang tua Barnabas. Sejak kematian kedua orangtuanya, Barnabas menjadi terobsesi dengan ilmu sihir karena Barnabas percaya bahwa kematian orang tuanya dikarenakan oleh kutukan dari ilmu sihir dan Barnabas percaya bahwa Angelique merupakaan seorang penyihir yang berada dibalik semua tragedi ini. Di dalam pencarian tentang bukti-bukti bahwa Angelique merupakan seorang penyihir ternyata Barnabas jatuh cinta kepada seorang wanita bernama Josette Dupres (Bella Heathcote). Angelique lantas tidak terima dan menaruh mantra atas diri Josette agar Josette melompat dari tebing untuk bunuh diri. Mantra ternyata tidak diberikan kepada jossete saja, Barnabas pun ternyata terkena mantra kutukan dari Angelique. Barnabas diubah menjadi vampire. Tahu bahwa Angelique tidak bisa mendapatkan cinta Barnabas lagi, Angelique kemudian memberi tahu seluruh warga kota bahwa Barnabas seorang vampire dan Barnabas pun dimasukkan ke dalam peti mati dikubur hidup-hidup oleh ratusan warga kota yang marah.

Dua ratus tahun setelahnya, Barnabas secara tidak sengaja berhasil keluar dari peti mati tersebut dan dia menemukan bahwa ternyata masih ada keturunan keluarga jauh Collins yang tersisa yang tinggal di kota tersebut. Kondisi keluarga Collins yang masih tersisa saat itu memprihatinkan, bisnis keluarga sudah mati dan rumah megah keluarga collins pun tampak bobrok. Barnabas kemudian mencoba untuk mengembalikan kejayaan keluarga Collins layaknya dua ratus tahun yang lalu.

Dark Shadow ini awalnya merupakan sebuah TV serial yang bergenre drama, romance, horror, mistery dan thriller. Namun disini Tim Burton mengubah genre film ini menjadi komedi, fantasi dan romance. Untuk film dengan genre yang seperti ini dan karakter nyentrik seorang Barnabas Collins tentunya bukan masalah bagi seorang Johhny Depp, kita tahu Johhny Depp paling lihai memerankan karakter-karakter nyentrik macam Mad Hatter (Alice in Wonderland), Willy Wonka (Charlie and The Chocolate Factory) dan Jack Sparrow (Pirates of Carribean). Namun disini tidak hanya Johhny Depp yang berhasil memainkan karakternya dengan apik, setiap aktor dan aktris yang berperan di film ini juga berhasil memerankan perannya masing-masing dengan sempurna layaknya mereka tahu betul apa yang diinginkan oleh Tim Burton dan para penonton.

Sampai saat ini rating yang tertera di IMDB untuk Dark Shadows adalah 6.6 dan Dark Shadows berhasil masuk peringkat ke-2 Box Office dengan meraup keuntungan sebesar $ 29.7 M.

Menurut saya pribadi film ini lucu, cukup menghibur dan menarik. Jadi penilaian saya untuk film ini adalah

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s