Pilih Aplikasi Mobile Messenger yang Mana?

Peran sms dalam komunikasi via text saat ini sudah mulai tergantikan dengan adanya aplikasi-aplikasi mobile messenger. Bagi kita yang sudah mulai meninggalkan kebiasan berkirim pesan melalui sms tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi-aplikasi seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, Line Messenger dan WeChat. Dari sekian banyak aplikasi messenger yang ada mungkin yang tersebut diatas adalah yang paling populer, lantas manakah aplikasi tersebut yang paling cocok untuk kita? Dibawah ini akan dibahas fitur, keunggulan dan kelemahan dari  masing-masing aplikasi messenger tersebut.

Blackberry Messenger (BBM)

Aplikasi besutan RIM ini tentunya hanya bisa kita nikmati di blackberry operating system. Sehingga kalau kita ingin menggunakan aplikasi messenger ini kita harus memiliki perangkat blackberry. Aplikasi ini terasa sangat powerfull dan sangat efisien jika kita memiliki komunitas yang anggotanya juga menggunakan Blackberry. Penambahan teman pada aplikasi ini dilakukan dengan merequest pengguna lain agar memperbolehkan kita berteman dengannya.

Fitur BlackBerry Messenger

Tampilan Aplikasi BBM 

Whatsapp

Aplikasi lintas sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Blackberry, Android, iOS, Nokia Symbian dan Windows Phone. Aplikasi ini sangat sederhana dan ringan digunakan diberbagai sistem operasi, hal tersebut yang menjadi keunggulan utama aplikasi ini. Penambahan teman pada aplikasi ini berbeda dengan BBM yang mengharuskan pengguna untuk merequest pertemanan ke pengguna yang lain. Whatsapp akan langsung melakukan scan nomor kontak yang tersimpan di smartphone kita dan akan langsung memasukkannya ke kontak list whatsapp jika ada nomor pada kontak smartphone kita yang terdaftar di layanan whatsapp. Namun fitur ini sebenarnya dinilai cukup tidak aman dimana sembarang orang akan mampu berkomunikasi dengan kita asalkan orang tersebut menyimpan nomor kita di smartphonenya.

Tampilan Aplikasi Whatsapp di Android

 Line Messenger

Aplikasi yang memiliki user interface paling menarik diantara aplikasi-aplikasi messenger lainnya. Aplikasi Line ini mengandalkan fitur yang dinamakan Sticker. Fitur sticker ini sama dengan emoticon, namun sticker yang dimiliki aplikasi Line ini lebih beragam dan interaktif ketimbang emoticon yang biasa kita jumpai di aplikasi messenger lainnya. Cara menambah teman pada Line sama dengan Whatsapp namun Line ini juga dapat menambahkan teman secara manual melalui scan barcode (seperti BBM), fitur shake it dimana kita dan pengguna yang akan kita tambahkan sebagai teman saling menggoyangkan smartphonenya, selain fitur tersebut kita dapat mendaftar untuk mendapatkan ID sehingga pengguna lain dapat langsung menambah kontaknya dengan memasukkan ID terdaftar kita kedalam aplikasi Line messenger. Aplikasi ini terdapat di sistem operasi iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry. Selain terdapat di sistem operasi mobile Line juga tersedia di sistem operasi Windows dan Mac Os. Sayang aplikasi ini dinilai sangat berat dan sering hang dibeberapa sistem operasi contohnya di sistem operasi Blackberry

Tampilan Aplikasi Line Chat di Android

Tampilan Aplikasi Line Chat di PC

WeChat

Diantara aplikasi-aplikasi messenger diatas hanya aplikasi ini yang memiliki fitur video call. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi iOS, Android, Windows phone, dan Nokia Symbian. Untuk penambahan teman pada WeChat hampir sama dengan aplikasi Whatsapp dan Line dimana aplikasi akan melakukan scan otomatis pada kontak yang tersimpan di Smartphone untuk melihat apakah ada nomor seluler yang menggunakan layanan aplikasi ini, namun ada sedikit perbedaan dimana jika pada whatsapp dan Line nomor kontak yang ada akan langsung masuk kontak list pada whatsapp dan Line sehingga kita dapat langsung berkirim pesan ke kontak yang baru masuk tersebut. Pada WeChat setelah diketahui ada kontak di smartphone kita yang menggunakan layanan WeChat kontak tersebut akan terlebih dahulu direkomendasikan kepada kita untuk kemudian di add terlebih dahulu sehingga fitur ini membuat aplikasi messenger ini lebih aman dari gangguan orang-orang yang tidak kita kenal yang mengirim pesan kepada kita.

Tampilan dan Fitur Aplikasi WeChat

Dari keselurahan aplikasi yang sudah dibahas diatas dapat disimpulkan masing-masing aplikasi memiliki fitur-fitur yang diunggulkan, ada yang mengunggulkan sisi kesederhanaan sebuah aplikasi chat, juga ada yang mengunggulkan fitur komunikasi-komunikasi tambahan selain chat, seperti voice call (VoIP) dan juga Video Call, dan tentunya setelah fitur, keunggulan dan kekurangan aplikasi messenger diatas sudah dibahas, untuk pilihan aplikasi diatas yang akan di-install di smartphone kita semua kembali kepada kebutuhan kita masing-masing. Namun sebenarnya tidak ada salahnya jika beberapa aplikasi tersebut ter-install di smartphone milik kita yang pastinya akan menambah variasi pilihan bagi kita untuk berkomunikasi via text.

Advertisements

8 thoughts on “Pilih Aplikasi Mobile Messenger yang Mana?

    • Untuk whatsapp silahkan masuk ke menu settings>Chat settings>Wallpaper
      wallpaper dapat diganti menggunakan image yang tersimpan di gallery phone kita atau kita bisa mendapat wallpaper dari aplikasi tambahan milik whatsapp.

      Untuk Line sila masuk ke menu more>settings>chats & voice calls>Chat wallpaper
      wallpaper dapat dipilih dari koleksi image di gallery phone kita atau dapat mendonlot wallpaper yg sudah disediakan oleh aplikasi Line tersebut.

    • maaf kakak, sepertinya untuk nokia X2-01 we Chat tidak bisa digunakan, Nokia x2-01 menggunakan propietary system Nokia S40, jadi tidak support wechat

  1. kalo menurut saya sih yang paling oke ya whatsapp dan line, tapi karena ga semua orang pakai line (seperti orang tua misalnya) jadi yang paling sering dipakai ya whatsapp deh 😀

    • Betul sebenarnya kita lebih condong ke aplikasi chat yg mana itu tergantung komunitas/grup yg kita ikuti menggunakan yg mana, soal kelebihan dan kekurangan pastinya relatif disetiap penggunanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s