Kenapa Butuh Punya Banyak Akun SocMed?

socmed

Social Media saat ini sudah menjadi lifestyle, alasan tersebut secara tersirat mampu menjawab pertanyaan dari judul artikel diatas. Ketika kita bicara masalah lifestyle  tentunya kita akan berbicara tentang apa yang paling terbaru dan terpopuler saat ini. Lifestyle sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern, jika berbicara tentang lifestyle ada beberapa kategori lifestyle, yaitu fashion, desain, dan teknologi. Ketiga kategori tersebut memang paling erat dengan lifestyle masyarakat modern saat ini. Social media masuk ke dalam kategori lifestyle teknologi. Gengsi masyarakat modern yang tinggi menuntut kita agar tidak tertinggal teknologi terbaru dan terpopuler agar tidak dibilang gaptek.

Dapat diambil contoh ketika awal jaya socmed facebook, satu persatu orang hijrah dari friendster dan myspace untuk menjajal socmed baru facebook. Satu persatu teman kita hilang beralih ke socmed yang baru, dan tentunya akan tampak lucu jika kita masih bercokol di socmed yang lama, akan berinteraksi dengan siapa kita lantas? Karena teman-teman kita sudah hijrah menggunakan socmed lainnya. Mau tidak mau kita akan otomatis menggunakan socmed yang paling terbaru dan populer.

Faktor yang menjadi senjata andalan bagi para socmed baru yang ada tentunya adalah fitur baru yang ditawarkan. Namun sejauh dan secanggih fitur baru tersebut, ternyata pada hakikatnya fitur-fitur tersebut tidaklah jauh berbeda dengan yang sudah dimiliki oleh para socmed-socmed sebelumnya. Ambilah contoh socmed Quora yang hadir seperti Twitter dengan gaya Q&A, atau persilangan antara wikipedia.com dengan answer.com, atau Google+ yang fiturnya seperti Facebook dengan tampilan dan cara mengundang teman yang berbeda (dimana di google+ ada fitur circle untuk mengelompokkan teman).

Pentingnya kita untuk mengikuti sebuah lifestyle terkadang, mengeleminasikan kebutuhan kita yang sebenarnya. Dari pengamatan penulis terhadap fenomena populernya sebuah socmed, ada faktor lain selain fitur canggih sebuah socmed. Karena socmed ini sudah menjadi sebuah lifestyle maka jika kita berbicara lifestyle, kategori lifestyle yang satu dengan yang lainnya harus saling terintegrasi dengan baik. Agar lifestyle terbaru yang sedang kita ikuti menjadi lengkap. Selain social media, hal yang erat dengan lifestyle teknologi adalah gadget. Tak dapat dipungkiri populernya socmed yang ada saat ini diikuti oleh populernya gadget yang beredar di masyarakat. Ambil contoh terbaru dari kasus ini, yaitu instagram, socmed yang satu ini awalnya hadir di sistem operasi mobile milik apple yaitu iOS, socmed ini hadir menjelma menjadi sebuah aplikasi yang praktis untuk menambah efek atau filter dari hasil jepretan kamera iPhone kita untuk kemudian dapat dishare langsung dan teman-teman yang follow akun kita dapat mengomentari foto tersebut. Aplikasi-aplikasi serupa juga sudah banyak bermunculan di Android, namun setelah instagram dilaunch untuk android, mutlak tak ada lagi aplikasi serupa diandroid yang dapat mengalahkan instagram.

Trend seperti inilah yang mulai dimanfaatkan oleh socmed-socmed baru seperti Path dan Pinterest, yang mulai bergerilya untuk mendapatkan penggunanya dari dua sistem operasi paling populer saat ini yaitu iOS dan Android. Ketika sudah menggunakan gadget terpopuler juga menggunakan socmed yang terbaru lifestyle yang sedang diikuti menjadi lengkap; terbaru, terpopuler dan tercanggih. Hal inilah yang membuat para pengguna mempunyai banyak akun socmed dengan fitur-fitur yang sebenarnya tak jauh beda dari socmed yang hadir sebelumnya.

Butuh atau tidaknya kita tergantung dari minat kita untuk mengikuti perkembangan lifestyle teknologi yang saat ini ada, tidak ada salahnya juga memiliki banyak akun socmed jika memang setiap socmed tersebut memiliki kelebihannya masing-masing untuk segala kebutuhan bersosial kita.

Note: Tantangan tentunya ada pada pengembang aplikasi dari socmed tersebut, dimana socmed tersebut harus hadir dengan fitur paling komplit, paling beda, desain menarik, user interface sederhana, praktis mudah digunakan dan hadir sebagai sebuah produk aplikasi yang ekslusif yang mampu meningkatkan gengsi penggunanya sehingga lahir sebagai sebuah produk social media yang mampu memenuhi kebutuhan lifestyle terkini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s