Buku Elektronik atau Buku Cetak?

20141228025249

Saat ini maraknya pasar tablet juga phablet tentunya membuat hadirnya Buku Elektronik semakin menjamur. Dewasa ini jarang kita lihat orang-orang membawa kesana-kemari sebuah buku, apapun itu genre bukunya, novel, literatur pelajaran, bahkan majalah ataupun Koran. Ya semua genre buku termasuk majalah dan Koran semua sudah ada versi Elektroniknya. Banyak aplikasi pada smartphone ataupun tablet yang menyediakan Buku Elektronik baik yang berbayar maupun yang gratis.

Lahirnya tablet dan phablet, dengan ukuran layar diatas 5 inch tentunya membuat kegiatan membaca kita di gadget tersebut sangat nyaman. Kita pun tidak perlu repot-repot membawa buku yang tebalnya memakan space yang lumayan di tas bawaan kita, dengan satu gadget segala jenis bacaan dapat tersimpan dalam saku celana kita. Itu salah satu keunggulan Buku Elektronik. Tapi bukan berarti Buku Cetak tidak memiliki keunggulan, dan Buku Elektronik tidak memiliki kelemahan. Berikut pembahasan singkat masing-masing keunggulan kedua jenis buku tersebut.

Buku Elektronik

Pros

  • Praktis dan ringkas, berbagai macam buku ada dalam genggaman kita.
  • Karena kebutuhan tinggi akan penggunaan smartphone maka dapat dipastikan Buku Elektronik juga akan selalu menemani keseharian kita dimanapun kita dan smartphone kita berada.
  • Tidak perlu ke toko buku untuk mencari buku baru, aplikasi macam Scoop, Wayang Reader atau Google Playbooks sangat membantu kita untuk mendapatkan buku-buku terbaru.
  • Buku gratis. Ya banyak Buku Elektronik yang memang dibagikan secara cuma-cuma oleh penulis ataupun penerbitnya. Namun tidak jarang juga jika kita cukup cermat kita bisa memperoleh Buku Elektronik versi bajakan yang tersebar luas di dunia maya namun cara yang ini sangat tidak disarankan 🙂 .

Buku Cetak

Pros

  • Sensasi seorang kolektor, ini poin pertama dan juga poin mutlak yang mampu mengungguli semua kelebihan Buku Elektronik, ya jika kita seorang yang gemar membaca dan gemar mengoleksi buku. Tentu bentuk fisik bukan maya akan menjadi kepuasan dan kebanggaan tersendiri. Tak ada yang lebih keren bagi seorang yang gemar membaca selain rak penuh buku koleksi pribadi.
  • Kesan anak pintar, bawa buku kemana-mana dari jaman analog hingga jaman digital saya rasa masih akan membuat kita tampak pintar karena tampak rajin membaca.
  • Tidak akan kehabisan batere, smartphone dan tablet kita kehabisan batere setelah seharian memenuhi aktivitas menelepon, chatting juga bermain game saat kita ingin membaca buku, gadget kita tidak ada disana untuk memuaskan hasrat ingin membaca. Buku Cetak kita lebih dapat diandalkan tanpa mengkhawatirkan kebutuhan charging daya.
  • Lebih bersahabat saat di penerbangan, kita mungkin masih bisa menggunakan gadget kita dengan mode airplane, tapi daripada membuat awak pesawat khawatir apakah gadget kita sudah berada di mode airplane atau belum yang tentunya akan mengganggu konsentrasi membaca kita, akan lebih nyaman jika dari awal yang kita baca adalah sebuah Buku Cetak.

Kelemahan masing-masing jenis buku tersebut tentunya adalah kelebihan yang ditemukan di jenis buku yang satunya 🙂 .

Jadi, apakah anda pro Buku Elektronik atau pro Buku Cetak? Izinkan saya mengetahuinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s